PENGOBATAN JERAWAT SECARA MEDIS


Jerawat atau Acne vulgaris adalah penyakit kulit yang terjadi pada unit pilosebaceous (kelenjar sebaceous dan folikel rambut yang berdekatan). Jerawat dapat disebabkan oleh peningkatan produksi sebum, peluruhan keratinosit, pertumbuhan bakteri, dan peradangan.

Tanda dan gejala yaitu adanya lesi yang biasanya terjadi pada wajah, punggung, dada bagian atas, dan bahu. Adanya comedonal ringan, papula dan peradangan.

Faktor resiko dari jerawat antara lain umur, jenis kelamin, kecemasan dan depresi.

Patofisiologi: Kelenjar sebaceous dominan pada wajah, dada, dan punggung atas. Adanya stimulasi androgen menyebabkan peningkatan produksi sebum dan Ada peningkatan keratinisasi sel epidermal dan pengembangan folikel sebaceous, Sel menempel satu sama lain, membentuk sebuah plug keratinous padat. Meningkatnya produksi sebum menyebabkan plug keratin menumpuk di folikel dan memfasilitasi proliferasi bakteri anaerob Propionibacterium acnes sehingga menghasilkan respon sel-T yang mengakibatkan peradangan. P. acnes menghasilkan lipase yang menghidrolisis trigliserida sebum menjadi lemak bebas asam yang dapat meningkatkan keratinisasi dan menyebabkan formasi folikel sebaceous.

Tujuan terapi jerawat untuk mengurangi jumlah dan tingkat keparahan lesi, mencegah perkembangan penyakit dan durasi penyakit, mencegah pembentukan lesi baru, dan mencegah jaringan parut serta hiperpigmentasi.

Terapi non farmakologi untuk jerawat yaitu dengan menghindari faktor pemicu misalnya stress, membersihkan wajah dengan sabun yang lembut, penggunaan scrub dibatasi untuk mencegah pecahnya folikel. Membatasi penggunaan kosmetik yang berbahaya.

Terapi farmakologi
Jerawat Ringan diobati dengan retinoid topikal (tazarotene dan adapalene) atau dengan antimikroba topikal, asam salisilat, atau asam azelaic.
Jerawat sedang diobati dengan retinoid topikal dalam kombinasi dengan antibiotik oral, dan benzoil peroksida.
Jerawat yang parah diobati dengan isotretinoin oral.

Refferensi

Dipiro, J.T., et. al., 2015, Pharmacotherapy : a patophysiologic Approach, Ninth edition, Mc Graw-Hill Companies, Inc, USA. 161, 459.

Komentar